Makna Aqiqah

Sebelumnya akan lebih baik mengingat kembali makna Aqiqah itu sendiri. Menurut bahasa Aqigah berarti memutus / memotong, sedangkan menurut istilah Syar’i Aqiqah adalah menyembelih kambing untuk anak baru lahir pada ke 7 ketujuh dari kelahirnya.

Apabila kita memiliki suatu barang mendatangkan manfaat dan membuat bangga pemiliknya namun barang tersebut sedang tergadai. Apa tindakan kita pada barang tersebut? Tentu berusaha semaksimal mungkin untuk menebus barang tersebut. Begitu juga dengan Aqiqah anak, karena ia anak masih tergadai dan berusaha untuk menebus.

Disamping itu Aqiqah merupakan realisasi rasa syukur kita atas anugerah sekalian amanah yang diberikan Allah kepada kita.

Syarat Hewan Aqiqah

Aqiqah anak laki-laki dan perempuan berbeda dalam jumlah kambing aqiqah. Afdol untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor sedangan anak perempuan 1 ekor.

Mengenai waktu pelaksanaan Aqiqah adalah; diutamakan melaksanakan Aqiqah pada hari ke-7 tujuh dari kelahiran, adapun kalau belum bisa, boleh hari ke-14 empat belas, 21 dua puluh satu, atau kapan saja ia mampu.

Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan persyaratan kambing Aqiqah. Usia kambing ada pendapat harus 2 tahun, ada juga pendapat 1 tahun bahkan ada pendapat 6 bulan sudah cukup, terutama untuk kambing domba. Pada umumnya banyak melaksanakan umur kambing Aqiqh 1 tahun lebih.

Oh ia tips membeli hewan Aqiqah ini sangat erat kaitannya dengan syarat kambing Aqiqah, termasuk yang diatas tadi yaitu umur kambing. Syarat kambing Aqiqah lain yaitu; kambing sehat, tidak cacat, tidak hilang sebagian tanduk atau kuping, tidak ompong, jenis kelamin jantan. Persyaratan ini merupakan kias dari kambing untuk Qurban. Jadi kurang lebih persyaratan kambing Aqiqah sama dengan kambing Qurban.

Tapi ada juga sebagian ulama membolehkan kambing apa saja mengingat tidak ada dalil khusus mengenai kambing Aqiqah. Namun tetap paling afdol seperti syarat tersebut diatas agar kita lebih yakin dalam menjalankan ajaran Rasulullah.

Banyak manfaat lain terkandung dalam Aqiqah itu sendiri misal, untuk mempererat silaturahmi serta ikatan sosial  dengan para tetangga, kerabat, fakir miskin dll. Oleh karena itu mari kita sadari bersama untuk menghidupkan sunnah ini.

Demikian kawan-kawan tips membeli hewan Aqiqah semoga berguna bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>